10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya Yang Wajib di Ketahui

10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya Yang Wajib di Ketahui- Sebagai umat  islam sudah sepantasnya kita mengetahui dan mempercayai mahluk allah yang di sebut malaikat, Karna semuanya telah tercantum di dalam rukun iman, Berikut oper-info.blogspot.co.id telah merangkumnya buat anda,


Penjelasan nama-nama malaikat dan tugasnyya masing-masing adalah sebagai berikut.

  • Malaikat Jibril
Malaikat Jibril dikenal juga sebagai penghulu para malaikat. Ia adalah satu dari tiga malaikat yang namanya disebut dalam al-Qur'an. Nama Malaikat Jibril disebut dua kali dalam al-Qur'an yaitu pada Q.S. al-baqarah/2:97-98 dan Q.S. at-Tahrim/66:4. Malaikat Jibril memiliki beberapa nama lain atau julukan, diantaranya adalah Ruh al-Amin dan Ruh al-Qudus. Adapun tugas utamanya adalah menyampaikan wahyu dari Allah Swt. kepada para nabi dan rusul-Nya.
  • Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah malaikat yang diberi tugas untuk mengatur urusan mahluk Allah Swt. sekaligus mengatur air, menurunkan hujan/petir, membagikan rezeki pada manusia, tumbuh-tumbuhan juga hewan-hewan dan lain-lain di muka bumi ini. Malaikat Mikail termasuk salah satu malaikat yang menjadi pembesar seluruh malaikat selain malaikat Jibril.

  • Malaikat Izrail

Malaikat Izrail diberi tugas mencabut nyawa semua makhluk termasuk dirinya sendiri. Ia dikenal juga dengan sebutan Malaikat Maut. Ia merupakan salah satu dari empat malaikat utama selain Jibril dan Mikail, dan Israfil.

Malaikat Izrail diberi kemampuan yang luar biasa oleh Allah Swt., hingga barat dn timur dapat dijangkau dengan mudah olehnya seperti seseorang yang sedang menghadap sebuah meja makan yang dipenuhi dengan berbagai makanan yang siap di makan. Ia juga sanggup membolak-balikan dunia sebagaimana kemampuan seseorang sanggup membolak-balikan uang. Sewaktu Izrail menjalankan tugasnya mencabut nyawa makhluk-makhluk dunia, ia akan turun ke dunia bersama-sama dengan dua kumpulan malaikat, yaitu Malaikat Rahmat dan Malaikat Azab.
Untuk mengetahui di mana seseorang akan menemui ajalnya, adalah tugas dari Malaikat Arham.

  • Malaikat Israfil

Malaikat Israfil diberi tugas meniup sangkakala. Israfilselalu memegang terompet suci yang terletak di bibirnya selama berabad-abad, menunggu perintah dari Allah Swt. untuk meniupkan pada hari kiamat. Pada hari itu ia akan turun ke bumi dan berdiri di batu/bukit suci di Jerusalem. tiupan pertama akan menhancurkan dunia beserta isinya, tiupan kedua akan mematikan para malaikat dan tiupan ketiga akan membangkitkan orang-orang yang telah mati dan mengumpulkan mereka di Padang Mahsyar.
  • Malaikat Munkar
Malaikat Munkar diberi tugas untuk bertanya kepada orang yang sudah mati di alam kubur bersama
  • Malaikat Raqib

Malaikat Raqib betugas mencatat segala amal kebaikan manusia. Ia bersama Malaikat 'Atid yang mencatat amal buruk berjalan beriringan.
(Q.S Qaf/50:18). Dari Anas ra., dari Nabi Muhammad saw., Sabda-Nya ( satu disebelah kanannya dan yang satu lagi disebelah kirinya); kemudian apabila orang itu mati, Tuhan perintahkan kedua malaikat itu dengan firman-Nya, "Hendaklah kamu berdua tinggal tetap dikubur hamba-Ku itu serta hendaklah kamu mengucap tasbih, tahmid, dan takbir hingga ke hari qiamat dan hendaklah kamu menulis pahalanya untuk haba-Ku itu." (H.R Abu al-Syeikh san Tabrani)

  • Malaikat 'Atid

Malaikat 'Atid bertugas mencatat segala amal keburukan manusia. Kedua malaikat ini (Raqib dan 'Atid) sangat jujur dan tak pernah bermaksiat kepada Allah Swt. Mereka mencatat dengan penuh ketelitian, sehingga tidak ada satu pun keburukan dan kebaikan yang luput dari catatan keduanya. Mereka tidak ditugaskan untuk mengolah, menganalisis, meyimpulkan, apalagi menjatuhkan vonis. Mereka hanya menyetor data, semua keputusan ada pada Maha kasih-sayang Allah Swt.

  • Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah malaikat yang bertugas di neraka. Malaikat Malik disebut dalam Q.S Az-Zukhruf/43 :

Artinya : "Dan mereka berseru, "Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhan-mu mematikan kami saja." Dia menjawab, "Sunggguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)." (Q.S Az-Zakhruf/43:77)

Dari ayat di atas, dapat dipahami bahwa Malaikat Malik adalah pemimpin melaikat yang bertugas di neraka.  hal ini ditegaskan oleh firman Allah Swt yang artinya, "Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga)".
(Q.S al-Muddassir/74:30)

  • Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan diberi tugas menjaga dan  mengawasi surga serta menyambut semua hamba Allah Swt. yang akan masuk ke dalamnya. Ia sangat ramah menyambut dan mempersilahkan orang-orang yang akan masuk ke dalam surga.

Demikian artikel tentang 10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya Yang Wajib di Ketahui, Semoga bermanfaat, Terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Nama Malaikat Beserta Tugasnya Yang Wajib di Ketahui"

Posting Komentar