Pengertian dan Unsur - unsur Nover Menurut Para Ahli Terlengkap

Novel ? Tentu kita semua sudah sering mendengar kata tersebut, Di dalam masyarkat novel memiliki tempat tersendiri sebagai media hiburan, Karna novel biasanya menyajikan sebuah bacaan yang berkualitas yang banyak di gemari oleh masyarakat di seluruh belahan dunia, Bahkan ada beberapa karya novel yang sangat sukses dan kemudian dijadikan film yang ahirnya menuai sukses besar.

Pengertian novel


Pengertian umum mengenai novel ?

Berikut ini oper-info.blogspot.co.id akan membahas secara rinci mengenai pengertian novel. Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif; biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis. Kata novel berasal dari bahasa Italia novella yang berarti "sebuah kisah atau sepotong berita".
Novel lebih panjang (setidaknya 40.000 kata) dan lebih kompleks dari cerpen, dan tidak dibatasi keterbatasan struktural dan metrikal sandiwara atau sajak. Umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kehidupan sehari-hari, dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut. Refrensi : wikipedia

Pengertian Novel menurut para ahli :

  • Novel merupakan sebuah karya sastra yang memiliki dua unsur, yaitu: intrinsik dan ekstrinsik yang mana keduanya saling berkaitan karena saling berpengaruh dalam sebuah karya sastra.(Drs. Rostamaji,M.Pd dan Agus Priantoro, S.Pd)
  • Novel ialah suatu bentuk sastra yang sangat populer di dunia. Bentuk sastra yang satu ini paling banyak beredar dan dicetak, karena daya komunitasnya yang sangat luas da lam masyarakat. (Drs. Jakob Sumardjo)

Berikut Unsur – Unsur Novel

Novel mempunyai unsur-unsur yang turut membangun novel menjadi cerita yang menarik, unsur tersebut dibagi menjadi 2 r intrinsik dan unsur ekstrinsik. Berikut penjelasan lengkap mengenai kedua unsur tersebut :
  • Unsur Instrinsik
1. Tema

Tema merupakan gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra dan yang terkandung di dalam teks. Sebagai unsur semantris dan yang menyangkut persamaan – persamaan dan perbedaan – perbedaan ( Hartoko dan Rahmanto, 1986 : 142 ).

2. Setting / latar

Latar / setting yang disebut juga sebagai landas tumpu menyarankan pada pengertian tempat, hubungan waktu dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan ( Abrams, 1981 : 175 ).


3)      Sudut pandang campuran

Pengarang menggunakan sudut pandang impersonal, ia sama sekali berdiri di luar cerita, Ia serba melihat, serba mendengar dan serba tahu. Ia melihat sampai ke dalam pikiran tokoh  dan mampu mengisahkan  rahasia batin yang paling dalam dari tokoh.

  • Unsur Ekstrinsik
Unsur ini meliputi latar belakang penciptaan, sejarah, biografi pengarang dan lain – lain diluar unsur intrinsik. Unsur ekstrinsik yaitu unsur – unsur yang ada di luar tubuh karya sastra. Perhatian terhadap unsur-unsur ini  akan membantu keakuratan penafsiran isi suatu karya sastra.

Demikian artikel tentang  Pngertian dan Unsur - unsur  Nover Menurut Para Ahli Terlengkap, Semoga bermanfaat bagi pembaca oper-info.blogspot.co.id, Terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Unsur - unsur Nover Menurut Para Ahli Terlengkap"

Posting Komentar