Pengertian Seni Rupa Beserta Jenisnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Seni Rupa Beserta Jenisnya Menurut Para Ahli Terlengkap- Secara umum pengetian seni rupa adalahadalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Namun tahukan anda ternyata beberapa ahli telah berpendapat tentang senirupa itu sendiri, Berikut penjabaranya :


Seni rupa menurut para ahli

  • Prof. Drs. Suwaji bastomi
seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
  • Enslikopedia Indonesia
seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarnya.

Baca juga artikel lainya : Pengertian Seni Patung Beserta Contohnya
  • Schopenhauer
seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni music meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak
  • Eric Ariyanto
seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.
  • Kuntjaraningrat
Kesenian adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.
  • William A. Haviland
Kesenian adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu

  • Aristoteles
seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.

Jenis-jenis Seni Rupa

Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan menjadi 2 antara seni rupa murni dan seni rupa terapan,

Seni rupa murni
  • proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan, sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. 
seni rupa terapan,.
  • adalah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mana mengandung nilai fungsi tertentu di samping nilai seni yang dimilikinya.
Demikianlah artikel mengenai Pengertian Seni Rupa Beserta Jenisnya Menurut Para Ahli Terlengkap, Semoga bermanfaat bagi pembaca oper-info.blogspot.co.id, Terima Kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Seni Rupa Beserta Jenisnya Menurut Para Ahli Terlengkap"